Pristiadi Utomo

RENUNGAN MENYONGSONG dan MENGHADAPI UN 2008

In Pendidikan, Sastra Siswa, Uncategorized on 28 April 2008 at 11:02 am

By : Johan Mahendra

Kelas: XII IPA SMA BUDILUHUR.

Tanggungharjo, Purwodadi

Ujian Nasional semakin dekat, sudahkah kita siap untuk menyambutnya ???. Jawabannya adalah ya kita sudah siap. Karena meskipun hati kita ini semestinya berkata belum siap tapi mau tak mau kita harus mau untuk melaksanakannya juga.

22 april 2008 hari yang ditunggu–tunggu oleh setiap siswa kelas XII SMA/K. Karena di hari itu adalah hari penentuan Atas dirinya. Di hari itu bukan hanya otak dan akal serta daya pikir yang akan digunakan dan dipertaruhkan, tetapi juga harga diri bahkan masa depan.

Jika anda memang belum siap sudahkah anda berfikir bagaimana cara agar kita bisa siap menghadapinya ???. Anda harus bisa menyusun suatu strategi bagaimana anda nanti dapat mengalahkan musuh yang berwujud soal–soal itu dengan baik.

Disamping itu anda juga harus bisa menggunakan waktu anda sebelum bertempur melawan musuh yang bersama–sama akan kita hadapi pada tanggal 22 April 2008 esok hari dengan sebaik mungkin. Dan jangan lupa juga jaga kondisi fisik dan mental anda agar bisa bertempur dengan sempurna.

Selain berusaha kita juga wajib untuk berdoa kepada-Nya karena dengan berdoa dan meminta kepadaNya kita akan bisa lebih mantap untuk menghadapi pertempuran di hari itu. Dan yang -harus anda ingat bahwa kita ini manusia biasa yang tak pernah lepas atas segala nikmat dan karuniaNya, maka dari itu di dalam suasana apapun janganlah kita melupakan dan meninggalkan perintahNya.

Jika memang dalam pertempuran nanti anda merasa tak sanggup mengalahkannya atau dengan kata lain anda belum lulus / GAGAl dari UAN tersebut maka janganlah anda merasa bahwa kegagalan anda itu akhir dari segala–galanya karena itu hanya akan membuat anda semakin jatuh. Hal yang harus anda lakukan pada saat itu adalah menyerahkan diri anda kepadaNya. Karena sesungguhnya apa yang telah terjadi pada diri kita tak lain atas segala kehendakNya. Dan yakinlah padaNya bahwa dibalik semua ini pasti akan ada suatu maksud yang tersembunyi.

Jadikanlah kegagalan sebagai langkah awal untuk dapat berhasil. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Dan dengan kegagalan kita pasti akan merasa tercambuk untuk dapat berpfikir bagaimana cara yang tepat untuk melangkahkan kaki menuju kesuksesan.

KESUKSESAN ADALAH HARAPAN SETIAP INSAN DI DUNIA.

Tiada satupun manusia yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya. Tetapi kenyataannya tak ada juga satu manusia yang bisa lepas dari kegagalan itu.

Tapi satu hal yang harus anda ingat jika anda berhasil, yaitu gunakanlah keberhasilan anda sebagai modal untuk menyempurnakan keberhasilan anda dimassa depan anda. Dan jangan lupa pula bahwa keberhasilan anda yang sekarang itu belum bisa menjamin keberhasilan anda di masa yang akan datang.

Maka dari itu kawan–kawan ku semua janganlah anda merasa puas jika anda mendapat sesuatu yang lebih. Karena dengan anda cepat merasa puas anda tidak akan mudah bahkan tidak akan bisa untuk mencapai suatu keberhasilan. Selain itu jika anda mudah merasa puas atas apa yang telah anda dapatkan maka anda pun tak akan bisa berkembang dan anda akan semakin tertinggal oleh kemajuan–kemajuan di lingkungan sekitar anda.

Anda juga harus ingat bahwa sesulit apapun masalah yang anda hadapi saat ini itu pasti jauh lebih sulit dari masalah anda yang tentunya akan anda hadapi di masa depan anda, apalagi jika sekarang saja anda sudah gagal.

Pernahkah anda berfikir tentang massa depan anda ???. Tentunya anda pernah. Selanjutnya sudahkah anda bertanya pada diri anda sendiri tentang pantas / tidakkah anda menjadi sesuatu yang telah anda fikirkan dan tentunya anda idam–idamkan ???. Jika memang pantas, sudahkah anda melakukan hal yang mestinya anda lakukan untuk dapat mencapai mimpi – mimpi indah atau hal yang telah anda idam–idamkan ???.

Untuk itu marilah kita bersama–sama berusaha melakukan yang terbaik untuk diri kita sendiri. Kita harus bisa melakukannya dan kita harus yakin pada diri kita bahwa kita benar–benar bisa untuk melakukannya. Karena keyakinan adalah sumber penerang bagi diri kita untuk dapat menutup segala kekurangan yang ada pada diri kita.

Kepada teman–teman semua yang telah mau membaca coretan ini saya berharap semoga coretan ini dapat bermanfaat bagi diri anda dan yang pasti khususnya bagi saya pribadi. Mohon maaf jika memang ada copretan kata yang menyinggung diri anda dan saya juga sadar bahwa di dalam diri saya juga masih terdapat banyak kekurangan untuk itu saya mohon kritik dan saran dari teman–teman / saudara semua.

Coretan ini saya buat khusus untuk anda para pelajar yang duduk di bangku SMA/K KELAS XII yang siap tidak siap harus melakukan ujian nasional. Semoga coretan ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi obor yang menerangi diri anda untuk dapat lebih semangat dan lebih siap dalam menyambut dan menghadapi UAN.

Mungkin cukup ini saja coretan dari saya, dan saya ucapkan rerima kasih untuk semua yang telah sudi membaca coretan yang saya buat ini, dan sekali lagi sebagai pengingat anda jangan pernah putus asa dan cepat merasa puas.

Momen ini tidak akan mengubah masa lalu tetapi akan membuka ruang lebih lebar di masa depan ( Ilmuwan Muda)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: